PERDANA WORKSHOP JURNALISTIK,

STAF KPU PROVINSI KEPRI PUN BELAJAR MENULIS

Workshop : seluruh staf mengikuti workhshop jurnal suara KPU Prov Kepri

Dalam rangka peberbitan buletin, KPU Provinsi Kepri menggelar kegiatan workshop jurnal suara KPU Prov Kepri dan buletin kepemiluan. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Komisioner dan Sekretariat KPU Prov Kepri ini berlangsung selama satu hari, Jumat (22/9) lalu, bertempat di Kantor KPU Prov Kepri. Kegiatan dibuka oleh Said Sirajuddin, Ketua KPU Prov Kepri. Workshop ini dilaksanakan dalam rangka KPU Prov Kepri akan membuat satu buletin untuk disosialisasikan kepada masyarakat. Dalam sambutannya Said mengatakan “diharapkan dengan adanya kegiatan workshop ini seluruh pegawai dapat memahami teknik-teknik penulisan berita yang benar dan seluruh pegawai dapat berkontribusi dalam pembuatan buletin suara KPU.” ujarnya.

 

Kegiatan dibagi dalam dua sesi, pada sesi pertama diisi oleh narasumber Yusfreyendi, Redaktur Tanjungpinang Pos, dengan materi Teknik Penulisan Berita. Yendi menegaskan bahwa dalam penulisan berita ada beberapa hal yang menjadi perhatian, diantaranya tentukan judul, tentukan lead (teras) dan memaparkan kejadian. “Sebelum menulis, pertama-tama pilihlah tema atau topik yang (sangat) menarik, yang menyangkut kepentingan banyak orang (publik), yang unik serta penting untuk ditulis.” ungkapnya. Yendi juga menegaskan “hal penting yang tidak boleh lupa ketika menulis berita adalah unsur 5 W + 1 H.”

Setelah istirahat siang kegiatan dilanjutkan,pada sesi ke dua ini dihadirkan narasumber Ramon Damora, Ketua PWI Prov Kepri, dengan materi Teknik Editing. Tujuan utama proses editing adalah untuk melihat kembali tulisan berita yang telah disusun agar sesuai dengan tujuan komunikasi yang diharapkan, kegiatan editing dilakukan oleh seorang editor yang bertugas mengoreksi pemakaian bahasa dalam sebuah tulisan. Ramon mengatakan disamping unsur 5 W + 1 H ada satu hal yang tidak bisa diabaikan yaitu Prinsip Kemanusiaan, dengan kata lain “ketika kita memberitakan suatu kejadian jangan mengabaikan prinsip kemanusiaan, karena sebuah berita tidak dilihat dari segi keuntungan saja, tetapi lihat juga dampak apa yang akan timbul ketika sebuah berita diterbitkan.” katanya. Perlu juga memperhatikan kaidah EYD dan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) dengan memperhatikan dua hal tersebut, diharapkan kita dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam menulis sebuah berita. Peserta workshop diajak langsung untuk praktik mengedit sebuah berita, dan diharapkan dengan diadakan workshop jurnalistik ini Sekretariat KPU Provinsi Kepulauan Riau mampu mengemas naskah-naskah biasa menjadi suatu naskah jurnalistik yang baik dan layak untuk diterbitkan.

(Penulis : Hanis)

 

 

 

 

KPU PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Jl. Basuki Rahmat No. 28 - 29 Tanjungpinang - Kepulauan Riau

Telp. +62-771-318242 Fax. +62-771318241

Email : info@kepri.kpu.go.id

2436137
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
400
211
611
262661
10864
26274
2436137

IP Anda: 23.20.240.193
21-05-2018 17:50