Ardiansyah dan Nur Farihah dua orang Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi Provinsi Kepualauan Riau yang megikuti Jambore Komunitas Gerakan Sadar Demokrasi di Sentul Bogor yang didampingi oleh Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Kepulauan Riau Hanis Hendriyani.  Acara yang diikuti oleh seluruh komunitas demokrasi dari 34 Provinsi se Indonesia ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam dari tanggal 15 s.d 17 Agustus 2017.

Hadir dalam acara ini seluruh Komisioner KPU RI dan dibuka langsung oleh Ketua Arief Budiman. Dalam sambutannya Arif menjelaskan bahwa program pengembangan komunitas peduli pemilu dan demokrasi ini merupakan salah satu program unggulan pendidikan pemilih, Ini untuk mendorong peran serta masyarakat agar terlibat aktif secara suka rela dalam kegiatan kepemiluan “yang nantinya akan menjadi mitra KPU dalam mensukseskan Pemilu” katanya

Gambar 1. Pembukaan oleh Ketua KPU RI Arief Budiman

Ardiansyah merasa bersyukur bisa mewakili Kepri untuk mengikuti Jambore tersebut., dan mengharapkan Komunitas ini dapat membangun jaringan dengan komunitas di seluruh Indonesia untuk bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.” Dalam penyelenggaraan pemilu yang baik, tidak hanya bisa mengandalkan KPU saja, tetapi juga kontribusi dari semua pihak salah satunya Komunitas ini” tambahnya. 

Gambar 1. Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi yang mewakili Provinsi Kepri

Kegiatan yang diisi dengan outbond dan pendalaman materi mengenai grand design komunitas peduli pemilu, membentuk komunitas mandiri serta merumuskan strategi partisipasi komunitas ini juga bertujuan untuk mempersiapkan kegiatan-kegiatan partisipasi komunitas dalam meningkatkkan partisipasi masyarakat.

Gambar 1. Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi se-Indonesia

Malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah, api unggun dan renungan demokrasi yang diisi oleh  motivator dan inspirator pemuda Rully Onzu dengan memberikan semangat Pancasila kepada seluruh peserta. Pada hari terakhir seluruh peserta Jambore berangkat ke Jakarta untuk mengikuti upacara peringatan 17 Agustus 2017 di halaman kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol Jakarta.

Selanjutnya setelah kembali ke daerah masing-masing semua peserta berkomitmen untuk bersinergi dengan KPU untuk membentuk Komunitas di tingkat Kabupaten/Kota khususnya yang akan melaksanakan Pilkada 2018 nanti agar sinergi ini dapat mensukseskan pemilu yang lebih berkualitas. 

*Hanis Hendriyani

 

 

KPU PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Jl. Basuki Rahmat No. 28 - 29 Tanjungpinang - Kepulauan Riau

Telp. +62-771-318242 Fax. +62-771318241

Email : info@kepri.kpu.go.id

2313564
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
69
126
1349
137417
124572
8802
2313564

IP Anda: 54.227.104.53
23-02-2018 06:24