KPU Provinsi Kepri Melaksanakan Kursus Kepemiluan Lanjutan Bagi Komunitas Peduli Pemilu Dan Demokrasi

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan kursus kepemiluan lanjutan untuk Komunitas Peduli Pemilu Dan Demokrasi yang sudah terbentuk tahun 2016 lalu. Kegiatan berlangsung selama 1 (satu) hari pada tanggal 19 Juli 2017 bertempat di Asrama Haji Tanjungpinang.

Kegiatan di buka oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau Said Sirajudin, S.Ag yang sekaligus berkesempatan memberikan sambutan, beliau menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun pemahaman dasar kepemiluan bagi komunitas serta keterampilan pemilih untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu/pilkada. Kegiatan kursus kepemiluan lanjutan ini dilaksanakan guna menyegarkan kembali kesadaran berdemokrasi melalui pemilu dan menumbuhkan peran aktif Komunitas ditengah-tengah masyarakat.

Bertindak sebagai narasumber adalah 5 (lima) orang Komisioner KPU provinsi Kepulauan Riau yang di bagi kedalam 5 sesi. Sesi pertama adalah Ketua KPU Provinsi Kepualauan Riau Said Sirajuddin yang menyampaikan tema Prinsip Dasar Pemilu Yang Jujur Dan Adil. Beliau menjelaskan bahwa dalam rangka mewujudkan pemilu yang jujur dan adil (demokratis), terdapat standar untuk menguji apakah pelaksanaan pemilu berjalan secara demokratis atau tidak. Selanjutnya dijelaskan bahwa Pemilu demokratis yang jujur dan adil dapat dilihat dari 3 (tiga) sisi yaitu dari sisi masyarakat dimana pemilih harus jujur pada diri sendiri bukan karena imbalan dengan menentukan pilihannya berdasarkan kapasitas, dari sisi penyelenggara yaitu memberikan kesempatan yang sama pada peserta pemilu dan harus benar-benar melayani hak pilih masyarakat dan tidak boleh berpihak dan dari sisi peserta pemilu yang setiap peserta pemilu tidak boleh curang. Materi kedua yang disampaikan secara berkelanjutan oleh beliau dengan judul Prinsip Dasar Partisipasi Pemilu dan bentuk-bentuk partisipasi masyarakat di dalam pemilu, tujuan partisipasi masyarakat, bentuk-bentuk partisipasi masyarakat di dalam pemilu, serta keterlibatan masyarakat di dalam pemilu.

Materi ketiga yang disampaikan Sriwati, MM dengan tema Lembaga Penyelenggara Pemilu di Indonesia. Beliau memaparkan maksud dari penyelenggara pemilu adalah lembaga yang menyelenggarakan Pemilu yang terdiri dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sebagai satu kesatuan fungsi penyelenggaraan pemilu untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden secara langsung oleh rakyat, serta untuk memilih Gubernur, Bupati dan Walikota secara demokratis. Di samping itu juga di sampaikan tugas, wewenang dan kewajiban penyelenggara pemilu.

Adapun materi Tahapan Pemilu kali ini disampaikan Arison, S.Pt, MM dimana beliau menjelaskan ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam pemilu diantaranya tahapan persiapan, tahapan penyelenggaraan, dan tahapan penyelesaian yang masing-masing tahapan memiliki rangkaian program yang berurutan sesuai dengan pengaturannya sebagai pedoman bagi penyelenggara pemilu. 

Pada sesi kelima disampaikan oleh Ridarman Bay dengan materi berjudul Orientasi Penegakan Hukum. Di dalam materinya beliau menjelaskan bahwa salah satu syarat pokok demokrasi adalah adanya sistem Pemilu yang jujur dan adil. Pemilu yang jujur dan adil dapat dicapai apabila tersedia perangkat hukum yang mengatur proses pelaksanaan pemilu sekaligus melindungi para penyelenggara, kandidat, pemilih, pemantau dan warga negara pada umumnya dari ketakutan, intimidasi, kekerasan, penyuapan, penipuan dan berbagai praktik curang lainnya yang akan mempengaruhi hasil pemilu. Oleh karena itu Pemilu yang jujur dan adil membutuhkan peraturan perundang-undangan Pemilu 

Pada sesi terakhir kegiatan, komunitas dibagi menjadi 2 kelompok untuk membahas rancangan kegiatan Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi. Adapun hasil pembahasan masing-masing kelompok adalah membuat rancangan kegiatan Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi sebagai dasar kegiatan lanjutan yang akan dilaksanakan oleh Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi di Provinsi Kepulauan Riau. *(Hanis Hendriyani) 

Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau Bapak Said Sirajuddin memberikan pemaparan materi

Sedang melaksanakan Diskusi Kelompok

Kontak Kami

KPU Provinsi Kepulauan Riau

KPU PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Jl. Basuki Rahmat No. 28 - 29 Tanjungpinang - Kepulauan Riau
Telp. +62-771-318242 Fax. +62-771318241
Email : info@kpu.kepriprov.go.id

 

IKLAN PILPRES KPU PROV KEPRI

Iklan KPU Kepulauan Riau

Jajak Pendapat
Bagaimana informasi dari website KPU Kepulauan Riau?
Bagaimana informasi dari website KPU Kepulauan Riau?
You must select at least one item to vote!