RPP Gurindam Duabelas KPU Provinsi Kepulauan Riau semakin diminati oleh siswa – siswa SMA

Untuk kesekian kalinya RPP Gurindam Duabelas KPU Provinsi Kepulauan Riau dikunjungi oleh siswa – siswa SMA/SMK

Rabu (16/8) Siswa-siswi SMA Negeri 4 di dampingi oleh Guru study PKN  mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Provinsi Kepulauan Riau. Kunjungan dilakukan dalam 2 sesi yaitu pada pukul 10.30 dengan jumlah 40 orang dan pada pukul 13.00 dengan jumlah 40 orang. Kedatangan mereka disambut oleh Petugas RPP KPU Provinsi Kepulauan Riau. Siswa-siswi yang berkunjung mengisi daftar hadir dan selanjutnya petugas RPP menjelaskan tentang RPP, yang terdiri dari 1) Ruang tamu / Ruang tunggu, 2) Ruang display / Ruang Simulasi, 3) Ruang audio visual / Ruang diskusi.

Sesi pertama, Petugas RPP menjelaskan secara umum tentang konten-konten display, selanjutnya sesi kedua nonton bersama 3 (tiga) Nominasi Film Pendek KPU,

antara lain :

1. "COBLOSAN", Pemenang Harapan 2 Festival Film Pendek KPU 2016 (Kenari Production, Ekskul Sinematografi SMK Kutasari Purbalingga, Jawa Tengah)

2. "SUARA HATI SUARA DEMOKRASI", Pemenang Harapan 1 Festival Film Pendek KPU 2016 (KomunitasTromaFilms)

3. "CALON IBU BUAT AYAH", Pemenang Terpuji Festival Film Pendek KPU 2016 (Suryamaja Films)

Pengenalan rumah pintar pemilu ini bertujuan agar para siswa siswa dapat memahami tentang pentingnya Pemilu dan melihat dokumentasi aktivitas proses pemilihan umum yang telah dilaksanakan di Indonesia dari tahun 1955 hingga pemilihan umum tahun 2014. Kunjungan kegiatan sekolah merupakan salah satu bentuk pendidikan pemilih dan program KPU yang dilaksanakan untuk segmen pra pemilih

Sesi ketiga pada kunjungan RPP adalah diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Plh Kasubbag Hukum Rahman Al Amin. Dalam sesi diskusi dan tanya jawab Rahman Al Amin memberi kesempatan kepada siswa-siswi bertanya dan akan dijawab oleh Plh Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas Syamsuardi terkait dengan pemilu dan demokrasi. Dalam kesempatan yang sama, Syamsuardi  menjelaskan tentang syarat penggunaan hak pilih, yaitu sudah mempunyai KTP atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, bagi warga yang KTP masih dalam proses. Syarat berikutnya, telah berusia 17 tahun atau telah menikah pada saat hari pemungutan suara serta berdomisili di wilayah pemilihan. 

Syamsuardi juga menerangkan bahwa makna pemutaran film pendek kepemiluan supaya masyarakat dapat memahami pentingnya demokrasi dan menanamkan nilai-nilai demokrasi serta memaknai seluruh rangkaian proses tahapan pemilu sebagai sesuatu yang simple dan menghibur. Kenapa melalui film karena film merupakan seni dalam bentuk audio visual yang digemari oleh masyarakat lintas-usia .

Pada sesi terakhir, Rahman Al Amin menyimpulkan bahwa yang bisa menggunakan hak pilihnya adalah warga negara yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Bagi warga yang sudah memenuhi syarat untuk memilih alangkah baiknya ikut berpartisipasi dalam pemilihan agar aspirasi kita bisa tersampaikan.

Setelah sesi diskusi ditutup oleh Rahman Al Amin, dilanjutkan foto bersama dengan siswa-siswa SMA Negeri 4.

Kontak Kami

KPU Provinsi Kepulauan Riau

KPU PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Jl. Basuki Rahmat No. 28 - 29 Tanjungpinang - Kepulauan Riau
Telp. +62-771-318242 Fax. +62-771318241
Email : info@kpu.kepriprov.go.id

 

IKLAN PILPRES KPU PROV KEPRI

Iklan KPU Kepulauan Riau

Jajak Pendapat
Bagaimana informasi dari website KPU Kepulauan Riau?
Bagaimana informasi dari website KPU Kepulauan Riau?
You must select at least one item to vote!