kegiatan dihadiri oleh seluruh Anggota KPU Kabupaten/Kota yang membidangi Divisi Teknis serta Kasubbag Teknis. Kegiatan yang juga diikuti oleh Pejabat dan Staf dilingkungan KPU Provinsi Kepulauan Riau ini Dibuka oleh Arison, S.Pt, MM selaku Divisi Teknis yang saat itu mewakili Ketua Said Sirajuddin, S.Ag yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa, secara Undang-Undang khususnya untuk dapil di kabupaten diberikan kewenangan kepada KPU Kabupaten/Kota untuk mengajukan usulan penataan dapil.

Kegiatan Raker Penyusunan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi di Hotel CK

“Usulan dari kabupaten atau kota secara otomatis akan menjadi bagian dalam penetapan dapil pusat oleh KPU RI, yang akan kami sampaikan pula usulan mengenai berapa jumlah dapil di masing-masing kabupaten, dan bagaimana teknis pembentukannnya, masalah dalam pembentukannya pada KPU RI sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan,” jelas Arison.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Arison mengenai mekanisme penghitungan alokasi kursi yang sesuai tahapannya dimulai dengan menentukan jumlah kursi DPRD kabupaten/kota berdasarkan jumlah penduduk, menetapkan Bilangan Pembagi Penduduk (BPPd), menentukan estimasi per kecamatan, menggabung/memecah kecamatan menjadi dapil menentukan alokasi kursi dengan cara membagi jumlah penduduk didapil dengan BPPd, menghitung sisa penduduk untuk alokasi sisa kursi, hingga mengalokasikan kursi ke dapil dengan jumlah sisa penduduk terbanyak.

Selanjutnya Arison juga  menjelaskan sistem konversi suara meggunakan metode Sainte Lague Murni yang mana prinsipnya adalah “setiap perolehan suara di masing-masing partai di masing-masing Dapil dibagi dengan bilangan ganjil (1,3,5,7, dst).

Metode ini tidak lagi mengenal sisa suara, tidak lagi menggunakan BPP. Dalam system ini, setelah perolehan suara dibagi bilangan pembagi (1,3,5,7 dst) hasilnya kemudian diurutkan, urutan teratas sampai dengan urutan sejumlah kursi yang tersedia adalah yang berhak mendapatkan kursi.

Diharapkan dengan diadakannya rapat kerja ini agar dapat menerima masukan dan menyerap aspirasi dari semua stakeholder terkait dalam penataan daerah pemilihan anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Kepulauan Riau pada Pemilu Tahun 2019.

KPU Provinsi Kepulauan Riau menerima usulan penambahan Dapil dan komposisi wilayah dapil sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.(hANIS)

KPU PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Jl. Basuki Rahmat No. 28 - 29 Tanjungpinang - Kepulauan Riau

Telp. +62-771-318242 Fax. +62-771318241

Email : info@kepri.kpu.go.id

2561265
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
312
426
2200
386776
6699
8484
2561265

IP Anda: 54.87.18.165
20-03-2019 17:04