KPU Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan penyeselesaian  Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Legislatif Tahun 2019 pada tanggal 21 Juni 2019 hingga 23 Juni 2019 di Hotel CK Tanjungpinang. Rapat Koordinasi ini bertujuan memberikan pemahaman terkait penyusunan kronologi dan daftar alat bukti sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretariat KPU Provinsi Kepulauan Riau dan KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau. Rapat Koordinasi ini juga mengundang narasumber dari Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Kepulauan Riau Widiyono Agung Sulistyo, S.T. dan dari Ketua DPC Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Tanjungpinang Muhammad Faizal, S.H., M.M.

Dalam sambutannya Plh. Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau Parlindungan Sihombing, menjelaskan bahwa terdapat sembilan kasus gugatan PHPU kepada KPU Kepulauan Riau diantaranya di Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang. Parlindungan juga menyampaikan bahwa kegagalan terbesar dalam Pemilu Tahun 2019 adalah logistik yang bermasalah dan tidak tepat waktu, oleh karena itu kegiatan Pemilu harus kita selesaikan secara profesional.   

Adapun 9 permohonan gugatan kepada KPU Provinsi Kepulauan Riau adalah dari Partai Berkarya, Partai Gerindra, Partai Perindo, PPP, Partai Golkar, PDIP dan Partai Garuda. Partai Berkarya mengajukan 2 gugatan dengan lokus DPR RI Dapil Kepulauan Riau. Partai Gerindra memohon gugatan lokus DPRD Provinsi Kepulauan Riau Dapil 4 Kepulauan Riau dan lokus DPRD Kota Batam Dapil 6 Kota Batam. Partai Perindo memohon gugatan lokus DPRD Provinsi Kepulauan Riau Dapil 4 Kepulauan Riau dan lokus DPRD Kota Batam Dapil 1 Kota Batam. PPP memohon gugatan lokus DPRD Kota Batam Dapil 6 Kota Batam. Partai Golkar memohon gugatan lokus DPRD Kota Batam Dapil 1 Kota Batam dan lokus DPRD Kabupaten Bintan Dapil 1 Kabupaten Bintan. PDIP memohon gugatan lokus DPRD Kabupaten Bintan Dapil 3 Bintan Timur dan lokus DPRD Kota Batam Dapil 1 Kota Batam. Partai Garuda memohon gugatan lokus DPRD Kota Tanjungpinang Dapil 2 Tanjungpinang.      

Materi pertama disampaikan oleh Widiyono Agung Sulistyo, S.T. tentang rencana dan langkah strategis dalam menghadapi PHPU Pileg 2019. Penjelasan berikutnya adalah hasil dari Rapat Koordinasi dan penyerahan alat bukti PHPU Pilpres 2019 yang diadakan pada tanggal 11 Juni 2019 sampai 13 Juni 2019. KPU Provinsi Kepulauan Riau masuk kloter 1 yang selesai lebih dahulu memberikan kronologis, DAB dan alat bukti sebanyak delapan kotak dan diterima pertama oleh Mahkamah Konstitusi RI tanpa catatan. KPU Provinsi Kepulauan Riau juga memberikan tanggapan pertama untuk Perbaikan Permohonan Gugatan Capres 02.

Pada hari kedua, diawali dengan penyampaian materi oleh Muhammad Faizal, S.H., M.M. mengenai teknik pembuatan kronologi jawaban dan pemilihan alat bukti dalam Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019. Materi tersebut berisi penjelasan mengenai landasan hukum PHPU 2019, trik pembuatan jawaban untuk mendukung pembuatan tanggapan hukum dan alat bukti untuk mencari kebenaran materiil. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar peserta dari KPU Provinsi Kabupaten/Kota dan narasumber terkait hal-hal penting yang harus disiapkan dalam penyeselesaian PHPU Pileg tahun 2019. Acara selanjutnya pembentukan kelompok dan persentasi mengenai permohonan gugatan kepada KPU Kabupaten/Kota PHPU Pileg 2019. Diskusi tersebut bertujuan menambah pengetahuan dan memperkuat pemahaman KPU Kabupaten/Kota dalam membuat kronologis dan menyiapkan bukti-bukti yang diperlukan sehingga lebih siap dalam menghadapi PHPU Pileg tahun 2019. Acara Rapat Koordinasi berjalan dengan lancar dan ditutup oleh Widiyono Agung Sulistyo. (Siti Faradilla Zenda)

KPU PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Jl. Basuki Rahmat No. 28 - 29 Tanjungpinang - Kepulauan Riau

Telp. +62-771-318242 Fax. +62-771318241

Email : info@kepri.kpu.go.id

2643383
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
397
468
1830
469584
6574
9274
2643383

IP Anda: 3.226.251.81
22-08-2019 23:30