Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau Parlindungan Sihombing berkesempatan untuk mengisi kegiatan Seminar dan Sosialisasi yang di laksanakan oleh PUSAKA (Pusat Studi Antar Kawasan) Provinsi Kepulauan Riau dengan Tema “Pendidikan Politik Bagi Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0” di Hotel Bintan Plaza. Kamis (12/09/2019).

Peserta pada kegiatan Seminar dan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0 ialah Mahasiswa dari Perguruan Tinggi STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang, UMRAH Tanjungpinang, Himpunan Mahasiswa Kabupaten Kepulauan Anambas, Himpunan Mahasiswa Kabupaten Karimun serta Anggota dari PUSAKA dengan jumlah keseluruhan lebih dari 100 peserta mengisi auditorium Plaza Hotel.

Isi yang disampaikan oleh Parlindungan ialah Sistem Dan Mekanisme Pemilu Di Indonesia yang mana sistem Pemilu merupakan seperangkat ketentuan dan prosedur, yang dengannya ditentukan bagaimana pemilih memberikan suaranya, dan bagaimana suara pemilih itu dikonversi menjadi kursi-kursi penyelenggara negara, baik eksekutif maupun legislatif, tingkat nasional maupun lokal.

Sedangkan Unsur Sistem Pemilu terdiri dari Besaran Dapil, Peserta Pemilu dan Pola Pencalonan, Model Penyuaraan, Formula Pemilihan dan Penetapan Calon Terpilih. Beliau juga menuturkan karakteristik dasar sistem pemilu yakni Mayoritarian (distrik) dan Proporsional yang masing-masing mempunyai plus minus, Mayoritarian (distrik) : Secara teknis, mudah diterapkan (tidak rumit dan tidak mahal) Mengabaikan keterwakilan kelompok minoritas (tidak cocok untuk masyarakat yang heterogen) Cenderung ke arah sistem kepartaian sederhana (two party system). Sedangkan Proporsional ialah : Secara teknis, penyelenggaraan pemilu rumit dan mahal, Mengakomodir keterwakilan beragam kelompok dalam masyarakat yang pluralistik, Cenderung menyuburkan system multi partai ekstrim. Dan di indonesia sendiri lebih cocok menggunakan Proporsional.

Tahapan terkait Pemilu juga dipaparkan oleh beliau secara rinci yang memuat 11 Tahapan yakni : Perencanaan program dan anggaran, Pemutakhiran Data Pemilih, Pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, Penetapan peserta pemilu, Penetapan jumlah kursi dan dapil, Pencalonan, Kampanye Pemilu, Masa tenang, Pungut dan hitung, Penetapan hasil Pemilu serta Sumpah dan Janji. Setelah materi penyampaian selesai Desrian Efendi selaku moderator juga beri kesempatan kepada peserta untuk berdiskusi melaui tanya jawab dengan Narasumber.

(Isandi)

KPU PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Jl. Basuki Rahmat No. 28 - 29 Tanjungpinang - Kepulauan Riau

Telp. +62-771-318242 Fax. +62-771318241

Email : info@kepri.kpu.go.id

2672608
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
23
378
928
498649
8827
17685
2672608

IP Anda: 18.208.187.169
23-10-2019 02:08