Tanjungpinang, Minggu 18 Oktober 2020 KPU Provinsi Kepulauan Riau bersama KPU Kabupaten Kota Se-Kepulauan Riau mengadakan Rapat Sinkronisasi Data Persiapan Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT)  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020 di Tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Rapat ini Merupakan lanjutan dari sinkronisasi data pemilih yang dilaksanakan sebelumnya di tempat yang sama. Hanya saja, rapat pleno ini dibuka oleh Ibu Sriwati Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa dalam PKPU Nomor 19 tahun 2019 proses rekapitulasi ini wajib di hadiri Bawaslu Provinsi, Tim Pasangan Calon dan KPU kab/Kota. Masukan dan tanggapan sekiranya diakui kebenarannya maka tanggapan tersebut bisa segera ditindaklanjuti.

Rapat ini dilaksanakan di Hotel Aston Tanjungpinang sejak Pukul 09.00 pagi. Dalam rapat tersebut, KPU Provinsi Kepulaua Riau juga mengundang Anggota KPU Kab/Kota, Operator SIDALIH KPU Kab/kota, Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, Tim Sukses Paslon 01, 02 dan 03, Perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepulauan Riau dan DokterPerwakilan dari Rumah Sakit Umum Provinsi Raja Ahmad Tabib.

Dalam rapat tersebut, KPU Kab/Kota membacakan data data pemilihnya masing-masing. Dimulai dari KPU Kota Batam, KPU Kab.Kepulauan Anambas, KPU Kab. Natuna, KPU Kab. Lingga, KPU Kab. Karimun dan KPU Kota Tanjungpinang. Kemudian data tersebut direkapitulasi secara keseluruhan untuk melihat berapa banyak pemilih yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

Didapatlah sebagai berikut yang jug maerupakan data pemilih yang nanti masih berada di penajara/lapas :

Selanjutnya rapat dilanjutkan dengan tanggapan dan pertanyaan dari tim pemenangan PASLON Gubernur dan Wakil Gubernu. Tim pemenangan Paslon 01 (SINERGI) menanyakan terkait informasi bahwa adanya pemilih pindah domisili sebanyak 136.987 ternyata sudah coret pindah pemilih. Padahal pindah domisilinya tidak pindah provinsi. Sehingga seharunya masih bisa dimasukkan dalam DPT karena NIK dan NKK masih dalam Provinsi Kepulauan Riau. Hal berikut ditanggapi oleh Priyo Handoko bahwa selama dia masih memiliki KTP daerah asalanya maka dia masih bisa memilih dengan kemabli ke daerah asalanya yang tertulis di KTP Elektronik.

Dalam sesi diskusi, KPU Kabupaten Kota menyampaikan beberapa dinamika yang terjadi saat pleno mengenai penetapan DPT. KPU Kota Batam menyampaikan dinamika yang terjadi mengenai Masalah pemilih ganda yang dipertanyakan dalam Pleno bahwa ada 317 yang potensial dan tahapan pleno di tingkat PPk sudah selesai. Namun bingung akan ditindak seperti bagaimana karena data tersebut diterima di menit ahir sebelum pleno selesai.

Tim pemenangan Paslon 03 menanyakanmengenai batas akhir untuk orang yang berulang tahun sampai tanggal 09 Desember 2020. Priyo Handoko menjawab dengan menceritakan berdasarkan pengalaman tahun 2019, selain membawa C6 dan KK atau paspor. Yang belum terdaftardi DPT wajib memiliki KTP elektronik. Disdukcapil juga menambahkan bawha potensi tanggal 7,8,9 Desember 2020 tidak banyak. Total 230 orang untuk tanggal 7, 8, 9 Desember 2020 yang harus kita jamin hak pilihnya.

Disdukcapil juga menjelaskan sampai detik ini sepakat untuk tidak mengeluarkan suket. Disdukcapil saat ini sedang menelusuri suket. Diperkirakan ada 237 suket yang ditemukan dan sedang didalami  apakah benar warga Provinsi Kepulauan Riau atau bukan. Blanko KTP saat ini masih tersedia 14.000 dan sudah tersebar ke Kab/Kota sampai Desember 2020 blanko KTP tersedia. Komitmen Disdukcapil memsukseskan Pilkada.

Menanggapi pernyataan Disdukcapil, Bawaslu menjelaskan bawaslu tetap melakukan pencermatan. 14.000 blanko di Provinsi dan 2000 blanko di karimun. Hasil pencermatan Bawaslu sudah disampaikan ke pada KPU untuk ditindaklanjuti dalam bentuk rekomendasi dan sudah di balas juga oleh KPU. Bawaslu mengapresiasi kepada kab/Kota yang telah membuat progres positif dari DPS menuju DPT. Bawaslu juga mengapresiasi KPU Kota Tanjungpinang karena BA paling terinci.

Selanjutnya diakhir rapat dilakukan pembacaan Berita acara dibacakan  oleh Ibu Sriwati  ketua KPU dan penyerahan berita acara yang diserahkan oleh ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau kepada Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau dan kepada tim kampanye masing-masing paslon. FY//

KPU PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Jl. Basuki Rahmat No. 28 - 29 Tanjungpinang - Kepulauan Riau

Telp. +62-771-318242 Fax. +62-771318241

Email : info@kepri.kpu.go.id

5677050
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
377
403
780
19689
5677050

IP Anda: 172.22.1.102
18-01-2021 20:46